Mobil Digdaya, Karya Anak Negeri

Jakarta: Siapa bilang anak Indonesia tidak bisa membuat mobil nasional?. Di "Pameran Kreasi SMK" yang sedang digelar di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta, Ahad (24/5), pertanyaan itu terjawab.

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Singosari Malang, Jawa Timur, berhasil membuat prototipe mobil Digdaya 1.5 Injection. Mobil jenis bak terbuka ekstra kabin ini, menjadi pusat perhatian para pengunjung karena bentuk dan tampilannya yang garang.

Tak kalah menarik pula, mobil sedan Semi SUV karya Siswa SMK Muhammadiyah 2 Magelang, Jawa Tengah. Meski bukan buatan pabrik, kesan mewah dan elegan tetap menonjol. Ada pula jenis kendaraan niaga, yakni kendaraan bak terbuka Zhangaro karya siswa SMK Negeri 10 Malang, dan Rosa Van karya siswa SMK Negeri 6 Malang. Dengan teknik pengecatan oven yang matang, anda mungkin tak percaya jika mobil-mobil ini buatan anak-anak SMK.

"Kami berharap prototipe mobil buatan anak-anak bisa dikembangkan dalam skala nasional, yang nantinya juga bisa merekrut para lulusan SMK Otomotif," kata Bagus Gunawan, Kepala Sekolah SMK N 1 Singosari, Malang. Sedangkan Direktur Pembinaan SMK Departemen Pendidikan Nasional, Joko Sutrisno, optimis di masa depan, "Kita bisa menggandeng industri otomotif swasta, agar menjadi industri mobil nasional."

Lima prototipe mobil nasional karya siswa SMK tersebut bukan sekadar hasil modifikasi. Untuk membuat mesin, para siswa bekerja sama dengan industri onderdil Auto Car. Namun, prinsip dasar pembuatan dan perakitan mesin, sudah dikuasai para siswa. Sedangkan desain mobil, sepenuhnya kreasi mereka.(ROM)

1 komentar:

  1. Unknown Says:

    - best mobile download ringtones in here: https://freeringtonedownload.mobi/ free your phone
    - best sound effects ringtones in here: https://freeringtonedownload.mobi/sound-effects-ringtones download for mobile

    Posted on 25 Maret 2017 pukul 16.54  

Posting Komentar